Mengatasi Tidak bisa kirim email untuk Outlook

Client tidak dapat mengirimkan email, hal yang perlu dilakukan :

1. mencek pop3 incoming dan outgoing apakah sudah sesuai. bisa saja client menganggap isinya pop3 adalah userid harusnya webmail.domainanda.com tapi client menginput marketing.domainanda.com sesuai userid masing masing.

2. mencek username waktu setting karena ada kemungkinan username kurang lengkap misal marketing@domainanda.com tapi client hanya menginput marketing untuk userid tanpa @domainanda.com.

3. mencek isp yang digunakan dan portnya contoh untuk speedy yang digunakan adalah port 26 karena maraknya virus dan spam belakangan ini melalui jaringan TELKOM, maka pihak TELKOM melakukan penutupan PORT SMTP (PORT 25/TCP). PORT SMTP ini adalah PORT yang berfungsi mengatur jalur email. Pihak TELKOM memindahkan fungsi PORT SMTP ini ke PORT lain yaitu PORT MSA (PORT 587/TCP) agar proses pengiriman email tetap berjalan sebagaimana mestinya. Untuk itu, kami beritahukan kepada setiap pelanggan yang menggunakan desktop email client seperti Thunderbird, Outlook dsb serta menggunakan jasa Telkom Speedy sebagai ISP untuk memeriksa kembali aturan SMTP port Anda. Jika SMTP port Anda berada di Port 25 , segera ubah menjadi port 26 dengan metoda STARTTLS atau ubah menjadi port 465 dengan metoda SSL/TLS.

4. Jika ingin menset beberapa komputer menggunakan account yang sama, bisa menggunakan IMAP untuk incoming mailnya, atau dengan POP3, tapi dengan pilihan “Leave copy of messages on the server “( pada menu tools, pilih account setting, klik pada account yang mau di setting, pilih more setting, pilih advanced, centang pilihan “Leave copy of messages on the server” ) . Dengan resiko , server hosting kita akan cepat penuh space nya.

This entry was posted in Tips. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>